Matras Senam yang Jarang Diketahui

Matras Senam

Senam atau gymnastics adalah salah satu cabang olahraga yang bertujuan untuk melatih tubuh dengan  gerakan tertentu secara sengaja, sadar, terencana, dan dilakukan secara sistematis. Setiap prakteknya pun tak lepas dari kehadiran matras senam untuk menunjang keamanan dan kenyamanan para atlet maupun praktisi.

Tujuan senam ialah untuk membantu meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan dan kelincahan, serta menanamkan nilai mental dan spiritual kepada individu yang melakukannya. Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang melibatkan antara performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian/keselarasan gerakan fisik yang teratur.

Fungsi dan Manfaat Matras Senam

Senam sering digunakan untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran. Umumnya ada yang melakukannya di rumah, di tempat gym, di gymnasium bahkan di sekolah. Kini, sedari dini banyak anak sudah terbiasa diajarkan senam, baik oleh orang tuanya, maupun oleh guru olahraga di sekolah.Matras Senam

Senam sangatlah penting untuk membentuk kelenturan tubuh, yang menjadi arti penting bagi kelangsungan hidup manusia. Senam memiliki berbagai macam. Biasanya di sekolah dasar, guru-guru mengajarkan senam yang mudah dicerna oleh murid, seperti senam SKJ dan senam pramuka.

Akan tetapi, ketika beranjak remaja, banyak orang yang lebih suka melakukan senam aerobik, ataupun senam lain termasuk meditasi untuk menenangkan diri. Senam memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani. Menkalankan aktivitas senam secara teratur akan membantu menghambat proses penuaan dan membantu memelihara kesegaran jasmani, seperti;

  1. Menjaga kekuatan otot
  2. Menjaga kelenturan persendian
  3. Meningkatkan kelincahan tubuh
  4. Meningkatkan keluwesan tubuh
  5. Menjaga tubuh tetap ideal, sehat, dan segar-bugar.

Melakukan senam secara teratur dapat pula bermanfaat untuk peningkatan jumlah volume darah, melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, menyeimbangkan kadar osteoblast dan osteoclast, serta membantu meningkatkan konsep dan ketahanan diri.

 

Ukuran Matras Senam

Khusus ukuran  matras pada senam lantai, umumnya yang sering dipakai adalah uang memiliki lebar 1,20 meter, panjang 2 meter. Namun tidak ada peraturan pasti mengenai ukuran matras pada senam lantai. Anda bisa menggunakan seperti ukuran di atas ataupun membuat ukuran yang lain misalnya 1,20 meter kali 2 meter atau 3 meter agar bisa digunakan berguling dua atau tiga kali sekaligus.

Ketebalan matras yang sering dipakai umumnya antara 10 – 15 cm. Apabila matras terlalu tebal maka akan menghambat laju guling depan ataupun guling belakang. Sebaliknya bila matras terlalu tipis, akan  menyebabkan rasa sakit jika dipakai untuk berguling.

Ukuran matras senam lantai pada umumnya sebagai berikut:

Lebar matras 1,20 meter

Panjang matras 2 meter

Tebal matras 10 – 15 cm

Bahan Matras Senam

Bahan yang digunakan untuk matras pada senam lantai biasanya berupa busa karet atau spons. Anda pun sebenarnya dapat membuatnya sendiri dengan ukuran 1,20 meter x 2 meter atau 1,20 x 3 meter. Busa karet/ spons dapat dibungkus dengan kain, perleak, atau kulit sintetis.

Tujuan busa karet/ spons di bungkus ialah agar matras tidak mudah kotor. Busa pun sebaiknya menggunakan busa yang bagus atau berkualitas. Sebab busa yang bagus akan lebih awet dan tidak cepat lembek sehingga terjaga kekenyalannya. Dengan demikian ketika digunakan berlatih senam lantai maka matras akan kembali ke bentuk yang semula.

Fungsi Matras Senam

Matras untuk senam ini digunakan sebagai alas agar tubuh tidak bersentuhan langsung dengan lantai. Karena tentu tubuh yang bersentuhan langsung dengan lantai ketika melakukan latihan senam lantai, akan memicu resiko cedera, memar dan sakit pada tubuh.

Padahal jika dipikir-pikir kita mengikuti olahraga agar memiliki tubuh yang sehat, bukannya cedera ketika olahraga. Nah, oleh karena itu, untuk senam lantai Anda perlu menggunakan matras untuk senam lantai.

Selain itu, matras pun memiliki fungsi untuk mengamankan wilayah latihan. Oleh sebab itu, dalam pelatihan senam lantai, dibutuhkan matras yang sengaja dilebihkan dari matras yang digunakan untuk latihan.

Peralatan Senam untuk Putra dan Putri

Menurut FIG (Federation Internationale de Gymnastique) atau Federasi Senam Internasional, senam artistik diartikan senam yang menggabungkan aspek tumbling dan akrobatik. Nah, untuk mendapatkan kesan artistik dari gerakan-gerakan yang dilakukan pada alat-alat sebagai berikut:

Artistik putra:

  1. Lantai (Floor Exercises)
  2. Kuda Pelana (Pommel Horse)
  3. Gelang-gelang (Rings)
  4. Kuda Lompat (Vaulting Horse)
  5. Palang Sejajar (Parallel Bars)
  6. Palang Tunggal (Horizontal Bar)

Artistik Putri:

  1. Kuda Lompat (Vaulting Horse)
  2. Palang Bertingkat (Uneven Bars)
  3. Balok Keseimbangan (Balance Beam)
  4. Lantai (Floor Exercises)

Efek artistik yang dihasilkan dari besaran (amplitudo) gerakan serta kesempurnaan gerak dalam menguasai tubuh ketika melakukan berbagai posisi. Gerakan tumbling yang digabungkan dengan akrobatik dilaksanakan secara terkoordinir, hal ini mampu memberikan pengaruh mengejutkan yang menampilkan keindahan.

Sedangkan senam ketangkasan merupakan rangkaian gerakan senam yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu. Dengan demikian, seluruh gerakan dalam senam ketangkasan dengan menggunakan alat dilakukan tepat dan terarah. Rangkaian gerakan yang dilakukan pun akan terlihat selaras dan berirama.

Senam ketangkasan dapat pula dilakukan dengan menggunakan palang sejajar, palang tunggal, gelang-gelang palang bertingkat, dan kuda-kuda pelana.

Apabila melakukan gerakan senam ketangkasan dengan baik, Anda akan memperoleh pengalaman gerak atau unsur gerak yang bisa meningkatkan kebugaran tubuh berupa gerakan ketangkasan, gerakan keseimbangan, gerakan kelenturan atau keluwesan, gerakan kelincahan, gerakan keberanian, gerakan keharmonisan, dan gerakan keindahan.

Jenis-Jenis Senam

Dilansir dari situs FIG (Federation Internationale de Gymnastique), senam dibagi menjadi beberapa kelompok. Adapun jenis-jenis senam adalah sebagai berikut:

  1. Senam Artistik

Senam artistik merupakan salah satu senam yang paling populer di olimpiade olahraga. Baik itu Sea games, Asian games atau Olimpiade kelas dunia. Mulanya, senam in hanya dilakukan untuk membuat badan tumbuh dengan baik dan agar tubuh menjadi lebih sehat.

Senam artistik ialah senam yang memadukan aspek tumbling dan akrobatik dari gerakan-gerakan yang dilakukan dengan bantuan alat. Terdapat beberapa peralatan yang digunakan dalam senam artistik seperti yang sudah dijalaskan sebelumnya di atas.

  1. Senam Akrobatik

Senam akrobatik merupakan senam yang mengandalkan gerakan dinamis antara akrobatik dan tumbling, sehingga akan banyak menggunakan gerakan salto dan gerakan memutar, dan atlet harus mendarat di beberapa tempat relatif sulit.

Senam akrobatik merupakan senam dengan penampilan luar biasa. Yaitu melibatkan kesimbangan, ketangkasan, dan koordinasi motorik. Senam akrobatik selain ditemukan di olahraga. ternyata ditemukan pula di seni pertunjukan dan seni bela diri seperti wushu dan silat. Dalam senam akrobatik, atlet senam melakukan tiga rutinitas yaitu:

  1. Rutin Keseimbangan, yaitu berfokus pada kekuatan, ketenangan dan fleksibilitas.
  2. Rutin dinamis, merupakan gerakan melempar, jungkir balik dan menangkap.
  3. Rutin Gabungan adalah unsur keseimbangan dan dinamis yang saling berpadu.
  4. Senam Aerobic Sport

Senam aerobic sport ini adalah pengembangan dari senam aerobic. Agar dapat dipertandingkan, latihan senam aerobic digabungkan dengan gerakan-gerakan akrobatik yang rumit. Selain aerobik,  digabungkan pula unsur-unsur olahraga akrobat dan senam ritmik, musik, tari dan koreografi. Senam aerobic sport memperebutkan 4 nomor perlombaan yang terdiri dari :

  1. Tunggal putera
  2. Tunggal puteri
  3. Mix/couple
  4. Trio
  5. Senam Trampolin

Trampolin ialah olahraga di mana atlet melakukan akrobat sambil memantul pada trampolin. Trampolin adalah sejenis alat pantul yang terbuat dari rajutan kain yang dipasang dari kerangka besi, berbentuk segi empat, sehingga memiliki daya pantul yang sangat besar. Mulanya trampolin hanya digunakan untuk penguasaan senam akrobatik dalam senam artistik atau untuk peloncat indah.

Namun karena gerakan senam trampolin yang ternyata cukup menarik, maka akhirnya dikembangkan menjadi cabang senam yang dapat dipertandingkan.

  1. Senam Ritmik Sportif

Senam ritmik sportif ialah senam yang mulanya berasal dari senam irama. Sehingga dapat dikompetisikan dalam suatu pertandingan. Komposisi gerak yang ditampilkan melalui tuntunan irama musik dalam menghasilkan gerak-gerak tubuh dan alat yang artistik menjadi ciri khas dari senam ritmik sportif ini.

Senam ritmik adalah sebuah olahraga yang gerakannya meruakan paduan antara tarian, balet,dan senam itu sendiri. Pemenangnya yaitu peserta yang mendapatkan poin terbanyak, yang ditentukan oleh panel hakim. Dinilai dari lompatan, nilai, pirouettes (pivot), penanganan peralatan, dan eksekusi.

Koreografi pada senam ritmik harus menutupi seluruh lantai dan mengandung keseimbangan antara melompat, lompatan, pivots, nilai dan gerakan fleksibilitas. Keterampilan tingkat tinggi harus dilibatkan dalam setiap gerakan.

Kemampuan fisik yang dibutuhkan oleh seorang atlet senam ritmik meliputi kekuatan, kemampuan, kelenturan, kelincahan, ketangkasan, daya tahan dan koordinasi antara seluruh bagian tubuh. Beberapa manfaat yang bisa diambil dalam senam ritmik sportif antara lain:

  1. Dapat membakar lemak yang berlebihan dalam tubuh.
  2. Meningkatkan daya tahan jantung.
  3. Merupakan salah satu program penurunan berat badan.
  4. Memperbaiki bentuk otot paha, lengan, pinggang perut dan dada.

Senam ritmik bisa menjadkan tubuh menjadi lentur. Kelenturan tubuh merupakan kemampuan seseorang untuk menggerakkan sendi-sendi dan otot dalam sudut tertentu secara fleksibel dan elastis. Jika tubuh Anda lentur, buka tidak mungkin Anda dapat dengan mudah melipat tubuh. Kelenturan dapat diperoleh dalam waktu yang relatif lama dengan latihan secara aktif dan berkelanjutan.

  1. Senam Umum

Senam umum merupakan salah satu jenis senam yang berbeda dari kelima disiplin senam di atas. Model senam ini sangat mudah berkembang di masyarakat hingga sekarang. Namun dalam penanganan dan pengelolaannya terlepas dari Persani. Bentuk dan ragam senam umum yang banyak dikenal oleh masyarakat adalah:

  1. Senam irama
  2. Senam jantung sehat
  3. Senam ayo bersatu
  4. Senam kesegaran jasmani

Senam umum merupakan olahraga yang melibatkan kinerja latihan yang membutuhkan kekuatan fisik, fleksibilitas, kekuatan, kelincahan, koordinasi, keseimbangan dan kontrol yang baik. Salah satu senam umum yang ada di Indonesia adalah SKJ atau Senam kesegara Jasmani.

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Matras Senam
Send via WhatsApp
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com